PENGARUH INSEKTISIDA Deltametrin TERHADAP CENDAWAN Beauveria bassiana DAN PATOGENESITASNYA TERHADAP HAMA KEPIK PENGISAP BUAH KAKAO (Helopeltis spp.) DI LABORATORIUM

DWI ASIH CAHYANINGRUM , 1114121069 (2016) PENGARUH INSEKTISIDA Deltametrin TERHADAP CENDAWAN Beauveria bassiana DAN PATOGENESITASNYA TERHADAP HAMA KEPIK PENGISAP BUAH KAKAO (Helopeltis spp.) DI LABORATORIUM. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (742Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (569Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi insektisida deltametrin terhadap pertumbuhan cendawan B. bassiana dan untuk mengetahui pengaruh penambahan insektisida deltametrin pada media SDA terhadap patogenesitas B. bassiana pada Helopeltis spp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung pada bulan Februari sampai Juli 2016. Percobaan ini menggunakan 2 set percobaan, set percobaan pertama percobaan pertumbuhan cendawan B. bassiana secara in vitro menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan, dan set percobaan kedua uji patogenisitas B. bassiana pada Helopeltis spp. menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang diulang 3 kali. Perlakuan adalah 1) BbDtX0,5 (media SDA+ deltamerin konsentrasi 5 ppm) 2) BbDtX1 (1 ppm) 3) BbDtX2 (2 ppm) 4) BbDtX3 (3 ppm) 5) BbDtX4 (4 ppm) 6) BbDtX5 (5 ppm) 7) Bb (tanpa deltametrin). Kombinasi B. bassiana dengan deltametrin membuat B. bassiana tertekan, namun dalam kondisi demikian B. bassiana tetap berusaha mempertahankan hidupnya dan hasil penelitian menunjukkan bahwa diameter koloni, kerapatan dan viabilitas spora cendawan tertinggi diperoleh pada perlakuan BbDtX5. Pada 5 hsa mortalitas Helopeltis spp. tertinggi diperoleh pada perlakuan BbDtX5 yaitu sebesar 100%. Kata kunci : Beauveria bassiana, deltametrin, Helopeltis spp.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Depositing User: 1053948 . Digilib
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:11
Last Modified: 13 Jan 2017 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item