TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT ETNIS BALI DALAM KEGIATAN GOTONGROYONG (Studi Kampung Sakti Buana Seputih Banyak LAmpung Tengah))

I WAYAN AGUS SETIAWAN , 1216011044 (2016) TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT ETNIS BALI DALAM KEGIATAN GOTONGROYONG (Studi Kampung Sakti Buana Seputih Banyak LAmpung Tengah)). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (930Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (931Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini membahas tingkat partisipasi masyarakat etnis Bali dalam kegitan gotongroyong. Tapi tingkat partisipasi masyarakat Bali dalam kegiatan gotongroyong yang dimaksud dalam penelitian ini adalah partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di Kampung Sakti Buana. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian deskriptif (descriptive research), dengan teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun data yang terkumpul akan dianalisis secara kuantitatif dengan dukungan data kualitatif, di mana hasilnya akan dipaparkan dalam bilangan persentase dan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembangunan partisipasi masyarakat dalam setiap tahap pembangunan cukup tinggi, yakni dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan pembangunan sampai dengan tahap mengevaluasi dan pemanfaatan hasil pembangunan. Aktifnya masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau ikut terlibat dalam setiap tahap pelaksanaan pembangunan tersebut disebabkan karena masyarakat Bali di Kampung Sakti Buana menyadari bahwa pembangunan yang dilaksanakan bertujuan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Selain itu partisipasi dari masyarakat merupakan penggerak untuk melancarkan melaksanakan pembangunan di kampung. Kata kunci: partisipasi, gotongroyong, dan pembangunan. ABSTRACT Research discussed the public participation ethnic balinese in learning mutual cooperation. But also the participation of the bali in the mutual cooperation referred to in this research is community participation in executing development at their milky way buana.In this research, writer do research descriptive ( descriptive research ), to technique data collection he uses a questionnaire and interview. As for data collected will be analyzed both quantitatively with providing data qualitative, in which the results will be presented in the number of the percentage and table a frequency distribution.The research results show that in executing development community participation in every that stage of development high, namely in the planning stages, the implementation stage development until to the stage evaluate and the uses of the development.The activation of the community to participate or being involved in every the implementation stage development. Keywords: participation, mutual cooperation , and development

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 1312823 . Digilib
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:51
Terakhir diubah: 19 Jan 2017 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir