ERWIN FATHONI, 1013033077 (2016) PENGARUH POWERPOINT DENGAN VISUAL BASIC APPLICATIONS (VBA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1647Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1022Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Media sebagai salah satu komponen dari pengajaran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Media pembelajaran di gunakan sebagai saluran untuk menyampaikan materi dari guru ke siswa. Media pembelajaran juga di anggap efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan Powerpoint sebagai media Pembelajaran dengan Visual Basic Applications (VBA) terhadap hasil belajar kognitif pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sidomulyo Tahun Ajaran 2015/2016?. Dalam hal ini, peneliti menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel menggunakan jenis Sampling purposive Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Eta dan Uji F. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta dapat diperoleh hasil penghitungan sebesar 0,53 jadi ada pengaruh positif yang cukup berarti, dengan menghitung rata-rata Posttest dengan rumus uji F diperoleh hasil sebesar 42,47 yang artinya signifikan, karena Fhitung> Ftabel = 3,84. Kesimpulan, positif berarti apabila media Powerpoint berbasis (VBA) dilakukan dengan langkah-langkah yang benar maka hasil belajar kognitif siswa akan meningkat, dan signifikan berarti bahwa sebesar 95% media Powerpoint berbasis (VBA) ini dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 4506998 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 07:02 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2017 07:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25215 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |