HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAHUN KETIGA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

SEFTIA VARERA NANDA , 1318011151 (2017) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAHUN KETIGA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Latar Belakang: Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal salah satunya adalah kebiasaan belajar dan faktor eksternal diantaranya adalah keaktifan berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dan hubungan keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa tahun ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 96 mahasiswa angakatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, dengan menggunakan teknik simpel random. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner kebiasaan belajar yang terdiri dari 18 pertanyaan dan kuesioner keaktifan berorganisasi yang terdiri dari 19 pertanyaan, serta data prestasi belajar diambil dari nilai indeks prestasi semester 4. Uji hipotesis yang digunakan adalah chi square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan keaktifan berorganisasi yang dominan pada mahasiswa angkatan 2014 adalah kategori tinggi, masing-masing sebesar 47 (48,9%) responden dan 37 (38,5%) responden. Hasil uji chi square didapatkan nilai p-value 0,000 untuk kebiasaan belajar dan nilai p-value 0,000 untuk keaktifan berorganisasi. Simpulan: Terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dan terdapat hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: keaktifan berorganisasi, kebiasaan belajar, prestasi belajar. ABSTRACT Background: The learning achievement is influenced by internal factors, one of which is habit learning and external factors including the activity of organization. This study aims to determine the relation of study habit and activeness in organization to learning achievement of third-year students in Medical Faculty of Lampung University. Method: This study uses a quantitative analytic observational with cross sectional approach. The sample in this study are 96 students from class year of 2014 in Medical Faculty of Lampung University. The sampling technique used is the simple random technique. This research instrument is a questionnaire about study habits that consists of 18 questions and the activeness in organization that consists of 19 questions. The learning achievement data is known from the respondents' score in the fourth semester. The hypothesis test used in this study is chi square. Result: The result showed that the study habit and activeness in organization of the students are mostly in the hight category, respectively 47 (48,9%) respondents and 37 (38,5%) respondents. The result obtained from the chi square test is p-value=0.000 for the study habit and p-value=0.000 for activeness in organization. Conclusion: There is a relation of study habit and learning achievement and also there is a relation of the activieness of organization to learning achievement of the third year students in Medical Faculty of Lampung University. Keywords: activeness in organization, study habit, learning achievement.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pengobatan > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: 9706321 . Digilib
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:22
Last Modified: 27 Jan 2017 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item