Andre Parmonangan Panjaitan , 1318011013 (2017) PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG DAN DOKTER BARU LULUSAN UNILA 2016 TERHADAP PENULISAN RESEP YANG BENAR. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1877Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1844Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Latar belakang: Penulisan resep adalah wujud akhir dari kompetensi dokter dalam pelayanan kesehatan secara komprehensif untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang farmakologi dan teraupetik secara tepat, aman dan benar. Keterampilan menulis resep harus dilakukan dengan mandiri dan tuntas (4A). Sehingga harus mulai dilatih dari tahap mahasiswa preklinik dan mahasiswa kepaniteraan klinik sebelum menjadi dokter untuk mengurangi kesalahan dalam menulis resep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik dan dokter baru lulusan Unila tahun 2016 terhadap penulisan resep yang benar. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling dan alat ukur berupa kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square. Hasil Penelitian: Penelitian dilakukan terhadap 66 responden dengan tingkat pengetahuan dokter baru 87,9% baik dan 12,1% tidak baik. Kemudian, tingkat pengetahuan untuk mahasiswa kepaniteraan klinik 54,5% baik dan 45,5% tidak baik. Hasil uji chi-square didapatkan nilai p yaitu 0,003. Terdapat perbandingan tingkat pengetahuan dokter baru yang lebih daripada mahasiswa kepaniteraan terhadap penulisan resep yang benar. Kesimpulan: Penelitian ini memiliki perbandingan bermakna antara tingkat pengetahuan dokter baru yang lebih daripada mahasiswa kepaniteraan klinik terhadap penulisan resep yang benar. Kata Kunci: Dokter, Mahasiswa Kepaniteraan, Pengetahuan, Penulisan Resep ABSTRACT Background: Prescription writing is the final form of physician’s competence in comprehensive health services to apply knowledge and expertise of pharmacology and therapeutic departement precisely, safely and correctly. Prescription writing skills should be done by an independent and thorough (4A). It must be trained from pre-clinical and clinical student before being a physician to reduce prescription writing errors. This study aimed to compare the level of clinical students knowledge and new graduates physician of Unila 2016 against prescription writing. Methods: The study was a descriptive study using cross sectional study. Sampling uses non-probability sampling method with consecutive sampling and measuring tools is questionnaire. Data was analyzed with chi-square test. Results: The study was conducted on 66 respondents with the level of new physicians knowledge were good 87.9% and 12.1% were less. Then, the levels of knowledge the clinical student were 54.5% good and 45.5% were less. The result of chi-square test with p value is 0.003. There is a comparison of new physician’s level knowledge is more than clinical student against prescription writing. Conclusion: This study has a meaningful comparison between the levels of new physicians knowledge more than clinical student against prescription writing. Keywords: Clinical Students, Knowledge, Physician, Prescription Writing
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Q Science (General) |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 9353106 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 07:51 |
Terakhir diubah: | 27 Jan 2017 07:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25287 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |