PENGARUH VARIASI WAKTU PEMERAMAN TERHADAP NILAI UJI KUAT TEKAN BEBAS PADA TANAH LEMPUNG DAN LANAU YANG DISTABILISASI MENGGUNAKAN KAPUR PADA KONDISI TANPA RENDAMAN (UNSOAKED)

Karina Apriliani Puspa Zulmi, 1015011098 (2017) PENGARUH VARIASI WAKTU PEMERAMAN TERHADAP NILAI UJI KUAT TEKAN BEBAS PADA TANAH LEMPUNG DAN LANAU YANG DISTABILISASI MENGGUNAKAN KAPUR PADA KONDISI TANPA RENDAMAN (UNSOAKED). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3739Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Skripsi Tanpa BAB Pembahasan.pdf

Download (3105Kb) | Preview

Abstrak

Tanah lempung dan lanau kebanyakan memiliki nilai kuat tekan tanah yang rendah. Tanah lempung merupakan jenis tanah yang berbutir halus yang mempunyai nilai daya dukung yang rendah dan sangat sensitif terhadap perubahan kadar air.Untuk memperbaiki sifat tanah yang kurang baik maka salah satu perkuatan tanah yang dilakukan adalah dengan menggunakan kapur. Sampel tanah yang diuji adalah jenis tanah lempung berplastisitas tinggi yang diambil dari Desa Rawa Sragi, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur dan sampel tanah lanau yang diambil dari daerah Desa Yosomulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa tanah yang digunakan termasuk dalam kategori tanah lempung lunak plastisitas tinggi. Berdasarkan klasifikasi tanah menurut Unified (USCS), tanah lempung masuk dalam kelompok CL, sedangkan tanah lanau masuk dalam kelompok CL-ML Pada pengujian Kuat Tekan Bebas (UCS) tanah lempung dan lanau dengan variasi pemeraman pada kondisi tanpa rendaman, tanah campuran kapur dilakukan pemadatan modified proctor, pada tanah lempung didapatkan peningkatan nilai Qu seiring dengan penambahan kadar kapur. Kadar campuran kapur yang menghasilkan nilai Qu optimum didapatkan pada kadar kapur 12% pemeraman 28 hari. Pada tanah lanau nilai Qu optimum pada kadar kapur 12% pemeraman 28 hari. Penambahan kapur mampu meningkatkan nilai kuat tekan bebas tanah namun dengan durasi pemeraman yang cukup lama (28 hari) karena semakin besar nilai Qu tanah, semakin besar pula nilai daya dukung tanah tersebut. Kata kunci : Kapur, Tanah Lempung, Tanah Lanau, UCS, Kuat Tekan Bebas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
> Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar

> Konstruksi bangunan
> Konstruksi bangunan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: karinaapz .1015011098 Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:35
Terakhir diubah: 30 Jan 2017 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir