PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)

ASTRI WIJAYANTI , 0913024002 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimental Semu Pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (609Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (569Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa kelas VII dengan kompetensi dasar menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem. Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur pada kelas VII tahun pelajaran 2015/2016 dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kategori yaitu siswa yang tidak tuntas dalam belajar dan siswa yang tuntas dalam belajar. Siswa yang tidak tuntas dalam belajar sebanyak 30 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretes, postes dan N-gain yang dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pretes pada kelas kontrol berbeda tidak signifikan dengan kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol 53,70 ± 8,67, rata-rata pretes kelas eksperimen 55,93 ± 10,00. Rata-rata postes kelas kontrol berbeda signifikan dengan kelas eksperimen. Rata-rata postes kelas kontrol 78,33 ± 7,49, rata-rata kelas eksperimen 85,74 ± 7,39. Rata-rata N-gain kelas kontrol 53,92 ± 12,64, rata-rata kelas eksperimen 68,41 ± 15,64. Hasil Uji U pretes diperoleh p (0,268 > 0,161), hasil Uji U postes diperoleh p (0,001 < 0,161). Pada nilai N-gain diketahui bahwa nilai N-gain kedua kelas berdistribusi normal sehingga pengolahan data tersebut dilanjutkan dengan uji t. Uji t1 diperoleh hasil th (3,406) > tt (1,671), sedangkan pada t2 diperoleh hasil th (4,313) > tt (1,671). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai N-gain pada kedua kelas berbeda signifikan artinya nilai postes pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal C1 berbeda signifikan p (0,023 < 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator soal C2 berbeda signifikan dengan p (0,160 > 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator C3 tidak berbeda signifikan dengan p (0,654 < 0,161). Rata-rata nilai N-gain per indikator C4 tidak berbeda signifikan dengan p (0,377 < 0,161). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Leaflet berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di MTs Ma’arif Penawaja Lampung Timur. Kata kunci : Bahan ajar leaflet, ekosistem, hasil belajar, dan tanggapan siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0413422 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:43
Terakhir diubah: 30 Jan 2017 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir