DESAIN DIDAKTIS BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI METODE INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI REPRESENTASI MATEMATIS

YULINDA , 1423021066 (2016) DESAIN DIDAKTIS BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI METODE INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI REPRESENTASI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1806Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1009Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui metode inkuiri dalam mengembangkan kemampuan dan disposisi representasi matematis untuk siswa kelas IX SMP. Penelitian ini mengacu pada prosedur menurut Borg and Gall yaitu diawali dari studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan, penyusunan desain didaktis, validasi desain didaktis dilanjukan revisi, uji coba terbatas dilanjutkan revisi, dan uji lapangan dilanjutkan revisi. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa desain didaktis yang dihasilkan layak. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis dalam kriteria baik dilihat persentase ketuntasan belajar telah terpenuhi. Indikator disposisi representasi matematis yang dominan muncul adalah rasa ingin tahu dan berpikir terbuka, artinya disposisi representasi matematis setelah menggunakan desain didaktis menunjukkan perubahan yang signifikan. Kata kunci: desain didaktis, representasi matematis, disposisi representasi matematis ABSTRACT This research aimed to produce of didactic design of exponent and radical through inquiry method to develop ability and disposition of mathematical representative of grade IX student of junior high school. This research refered to the procedure of Borg and Gall which started from a preliminary study in the form of a needs analysis, didactic design organizing, didactic design validation followed by revision, field trials followed by revision, and field test. The field test showed that didactical design which had been produced could be classified as usable by design expert judgement. The result of field trial indicated that ability of representative in good criterion, seen from the percentage of mastery learning which has been fulfilled. Disposition of mathematical representative indicators which appeared dominantly after using didactic design were curiosity and thinking broadly, it means that disposition of mathematical representative after using dedactic design has shown significant changes. Keywords: didiactic design, disposition of mathematical representative, mathematical representative

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 5239842 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:16
Terakhir diubah: 01 Feb 2017 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir