Novi Amrita, NA (2014) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MARGOTOTO LAMPUNG TIMUR. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (2490Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kerisauan penulis terhadap rendahnya aktivitas belajar dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang masih di bawah standar KKM. Dari 20 orang siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas sebesar 40%. Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Materi dalam penelitian ini tentang gaya dapat merubah gerak dan bentuk benda. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar dan untuk data kuantitatif melalui hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation sangat efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa siklus I dengan nilai aktivitas siswa 1,71 kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,21 kategori sangat baik, dengan peningkatan nilai sebesar 1,50. Peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan nilai 64 menjadi 76,5 pada akhir siklus serta pencapaian KKM yang semula hanya 50% pada siklus I menjadi 100% pada akhir siklus II. Dilihat dari hasil observer maka penerapan pendekatan pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation yang digunakan merupakan faktor pendukungnya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation dalam pembelajaran IPA guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil belajar, model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Rio AP . Rio Ariestia Pradipta |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:40 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2540 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |