PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK ORGANONITROFOS DAN PUPUK KIMIA DENGAN PENAMBAHAN BIOCHAR TERHADAP POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH DI TANAH ULTISOL YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.)

BONEFASIUS PANDU SANJAYA, 1014121081 (2016) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK ORGANONITROFOS DAN PUPUK KIMIA DENGAN PENAMBAHAN BIOCHAR TERHADAP POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH DI TANAH ULTISOL YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (396Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (338Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanah ultisol memiliki kandungan unsur hara yang rendah sehingga perlu dilakukan perbaikan sifat - sifat tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman jagung. Perbaikan sifat – sifat tanah dapat dilakukan dengan cara penambahan bahan organik ke dalam tanah. Dalam penelitian ini pupuk oragononitrofos digunakan untuk menyuplai bahan organik ke dalam tanah sebagai bahan perbaikan kesuburan tanah. Salah satu organisme tanah yang berperan dalam perbaikan sifat tanah adalah cacing tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk organonitrofos dan pupuk kimia terhadap populasi dan biomasa cacing tanah. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar terhadap populasi dan biomasa cacing tanah. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk organonitrofos dan Bonefasius Pandu Sanjaya pupuk kimia dengan penambahan biochar terhadap populasi dan biomasa cacing tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) Faktorial 6 x 2 faktor dengan 3 ulangan. Fator pertama adalah kombinasi pupuk organonitros dan pupuk kima yang terdiri dari P0, P1, P2, P3, P4, P5,dan faktor kedua adalah biochar yang terdiri dari B0, B1. Homogenitas ragam data diuji dengan Uji Bartlet dan aditivitas data diuji dengan Uji Tukey. Pemisah nilai tengah perlakuan, diuji dengan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahawa perlakuan kombinasi pupuk organonitrofos dan kimia P5 (5.000 kg. organonitrosfos ha-1, 0 kg. pupuk kimia ha-1) dapat menigkatkan populasi dan biomassa cacing tanah pada seluruh waktu pengamatan selama pertumbuhan tanaman jagung. Kata kunci: Biomassa, Cacing Tanah, Kombinasi, Organonitrofos, Populasi,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 6304199 Sanjaya Bonefasius Pandu
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:08
Terakhir diubah: 01 Feb 2017 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir