PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI METEMATIS SISWA

ASTINA, 1423021003 (2016) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI METEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2010Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2917Kb)

Abstrak

ABSTRAK Komunikasi merupakan salah satu keterampilan matematika yang sangat erat kaitannya dengan karakteristik matematika itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah LKPD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Panji Lampung Selatan. Instrumen penelitian ini terdiri atas pedoman wawancara, lembar validasi LKPD, angket respon siswa, dan instrumen kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) validitas LKPD memenuhi kriteria valid ditinjau dari penilaian aspek materi memenuhi kriteria sangat baik (3,83 dari skor maksimal 4,00) dan aspek media memenuhi kriteria sangat baik (3,58 dari skor maksimal 4,00), (2) Kepraktisan bahan ajar memenuhi kriteria praktis ditinjau dari respon siswa memenuhi kriteria baik (3,11 dari skor maksimal 4,00), dan (3) efektivitas bahan ajar ditinjau dari kemampuan penalaran siswa memenuhi kriteria baik (72,72%). Kata Kunci: Komunikasi Matematika, LKPD, Team Accelerated Instruction ABSTRACT Communication is one of the math skills that closely related to the characteristics of mathematics itself. One thing to be aware of teachers in developing mathematical communication skills of learners is work sheet. Therefore, this study aims to develop a mathematical work sheet valid, practical, and effective in terms of mathematical communication abilities of learners. This type of research was the research and development (R & D). Research procedure development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subjects were 33 students of class VII SMP Negeri 1 Way Panji, South Lampung. The research instruments were interview, validation sheet work sheet, student questionnaire responses, and communication skills mathematical instruments. The results of this research and development are (1) the validity of work sheet is valid criteria in terms of assessment material aspects meet the criteria very well (3.83 out of a maximum score of 4.00) and the criteria of media aspects showed very well (3.58 out of a maximum score of 4, 00), (2) Practicality of practical teaching materials in terms of the students' responses showed good criteria (maximum score of 3.11 out of 4.00), and (3) the effectiveness of teaching materials in terms of reasoning ability students showed good criteria (72.72 %). Key Words: Mathematic Communication, Work sheet, Team Accelerated Instruction

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 4844532 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:06
Last Modified: 01 Feb 2017 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25420

Actions (login required)

View Item View Item