PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIMPUNAN DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

SEPTILAS NILA VONI , (1423021056) (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIMPUNAN DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTAK (ABSTRACT).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULLL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan bahan ajar himpunan, bagaimana kemampuan pemahaman konsep dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan dengan metode PQ4R. Penelitian diawali dari studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan, pengembangan pembelajaran, desain produk dan instrumen dilanjutkan uji coba tahap awal yaitu uji coba ahli, uji keterbacaan dan uji kelompok di lanjutkan revisi produk awal selanjutnya uji coba lapangan dan terakhir penyempurnaan produk atau revisi akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki level berpikir siswa menengah ke bawah. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa belum ada bahan ajar dari hasil karya guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar himpunan telah memenuhi standar kelayakan isi, dan layak digunakan. Hasil uji coba lapangan pada aspek kemampuan pemahaman konsep matematis cukup baik terlihat dari 70 % siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata indikator disposisi pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan. Kata Kunci: Disposisi Pemahaman Konsep Matematis, Pemahaman Konsep Matematis, PQ4R. abstract This research development aimed to find out the development forms of teaching materials of sets, how the ability of conceptual understanding and disposition of mathematical conceptual understanding of students in sets material with PQ4R method. This research began with a preliminary study in the form of a needs analysis, learning development, product design and instruments which were followed by initial stage tests namely expert test, readability test and groups test, then revision of the initial product, and further field trials and final product improvement or final revision. This research subject was VII.A grade students of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, academic year 2015/2016, which has a medium-level thinking. In study of the preliminary results indicated that there had been no teaching materials from the work of teachers in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Validation results showed that teaching materials of sets already met eligibility standards of content, and feasible for use. The results of field trials on the capability of mathematical concepts understanding was quite good seen from the 70% of students reached the minimum completeness criteria.. The average indicator of disposition of mathematical concepts understanding of students had increased. Keywords: Conceptual Understanding, Disposition of Matehmatical Conceptual Understanding, PQ4R.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 5775990 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:51
Terakhir diubah: 01 Feb 2017 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir