HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI DENGAN PERFORMA MAHASISWA FK UNILA ANGKATAN 2015 DALAM MENGIKUTI TUTORIAL BLOK SPESIAL SENSE

NURUL PURNA MAHARDIKA, 1318011124 (2017) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI DENGAN PERFORMA MAHASISWA FK UNILA ANGKATAN 2015 DALAM MENGIKUTI TUTORIAL BLOK SPESIAL SENSE. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1579Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1580Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang : Kesiapan belajar mandiri adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, prestasi dan pengembangan diri individu. Kesiapan belajar mandiri dibutuhkan dalam proses pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Salah satu sarana pembelajaran yang digunakan dalam PBL adalah tutorial. Tutorial adalah suatu proses belajar aktif dimana mahasiswa distimulasi oleh problem (skenario) yang bertujuan untuk mengaktifkan prior knowledge mahasiswa dan difasilitasi oleh seorang fasilitator. Dalam tutorial dibutuhkan beberapa hal untuk mendapatkan hasil yang baik salah satunya adalah performa dari mahasiswa yang mengikuti tutorial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar mandiri dengan performa mahasiswa dalam mengikuti tutorial. Metode Penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling dengan sampel sebanyak 190 mahasiswa. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner SDLR dan PBL Tutorial Assessment Form. Uji analisis menggunakan uji Chi square. Hasil Penelitian : Dari hasil penelitian didapatkan p=0,000 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan belajar mandiri dengan performa mahasiswa angkatan 2015 dalam mengikuti tutoial blok special sense. Simpulan : Terdapat hubungan antara kesiapan belajar mandiri dengan performa mahasiswa FK Unila angkatan 2015 dalam mengikuti tutorial blok special sense. Kata Kunci: kesiapan belajar mandiri, SDLR, performa mahasiswa, tutorial ABSTRACT Background : Self-directed learning readiness is an effort to improve the knowledge, skills, achievements and development of the individual. Self-direted learning readiness is required in PBL (Problem Based Learning). One of learning tool used in PBL is Tutorial. Tutorial is an active learning process where students are stimulated by problem (scenario) that aims to activate prior knowledge of students and facilitated by a facilitator. Tutorial required few things to make a good result, such as performances from student in tutorial. Purpose of this research is to know relation beetwen self–directed learning readiness and student performance in tutorial. Metodhs : This study used descriptive analytic with cross sectional approach. Total sampling was used in this study with 190 students. Data obtained with SDLR questionnaires and PBL Tutorial Assesment Form. The data analysis using Chi-Square test. Results : The result showed p=0,000, there is a relationship between self-directed learning readiness with student performance in 2015 class. Summary : There is relationship beetwen self-directed learning readiness and student performance in 2015 class who following tutorial special sense block Key words: self-directed learning readiness, SDLR, student performance, tutorial

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pengobatan > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: 5818965 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:47
Last Modified: 02 Feb 2017 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25438

Actions (login required)

View Item View Item