MERI ADESTA, MA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD N 8 METRO TIMUR TP. 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (908Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVB SD N 8 Metro Timur. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 43,33% dengan kriteria ketuntasan 66 (baik). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri 4 kegiatan pokok yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengumpulkan data mengenai kinerja guru, motivasi siswa, dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor. Sedangkan soal tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisa kinerja guru, motivasi siswa dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor dalam proses pembelajaran. Kemudian analisis kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe picture and picture berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan motivasi siswa 25,92% (cukup). Pada siklus II menjadi 75,92% (baik) dan pada akhir siklus III menjadi 96,29% (baik). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 61,96 dengan ketuntasan 59,25%. Pada siklus II meningkat menjadi 71,03 dengan ketuntasan 77,78% dan pada akhir siklus III menjadi 75,92 dengan ketuntasan 88,89%. Kata kunci: model cooperative learning tipe picture and picture, motivasi dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 068300 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:41 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2544 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |