PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD N 8 METRO TIMUR TP. 2013/2014

MERI ADESTA, MA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD N 8 METRO TIMUR TP. 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVB SD N 8 Metro Timur. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 43,33% dengan kriteria ketuntasan 66 (baik). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri 4 kegiatan pokok yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengumpulkan data mengenai kinerja guru, motivasi siswa, dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor. Sedangkan soal tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisa kinerja guru, motivasi siswa dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor dalam proses pembelajaran. Kemudian analisis kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe picture and picture berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan motivasi siswa 25,92% (cukup). Pada siklus II menjadi 75,92% (baik) dan pada akhir siklus III menjadi 96,29% (baik). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 61,96 dengan ketuntasan 59,25%. Pada siklus II meningkat menjadi 71,03 dengan ketuntasan 77,78% dan pada akhir siklus III menjadi 75,92 dengan ketuntasan 88,89%. Kata kunci: model cooperative learning tipe picture and picture, motivasi dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 068300 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2014 05:41
Last Modified: 15 Aug 2014 05:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item