Yuliza sushanty, 1013033084 (2014) PENERAPAN MODEL DRILLS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (552Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1765Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam pelaksanaanya belum memberikan hasil belajar yang optimal, maka perlu adanya sebuah inovasi model pembelajaran yang dapat dikombinasikan dengan penggunaan TIK, salah satunya yaitu model Drills berbasis Teknologi Informasi an Komunikasi (TIK) dengan menggunakan program aplikasi presentasi Microsoft Office PowerPoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK. Adapaun tujuan dalam penelitian ini mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan menegetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tipe analisis kegiatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 256 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas VIII H sebagai sampel yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan kepustakaan. Kemudian, data dianalisis dengan mencari rentang, banyaknya kelas interval, dan panjang kelas interval. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pada proses perencanaan model Drills berbasis TIK, rencana yang dilakukan guru yaitu membuat Silabus, RPP, dan program presentasi model Drills. Kegiatan tersebut tidaklah mengalami perubahan dari apa yang sudah ditetapkan oleh ahli hanya saja lebih dikembangkan pemberian latihan yang berbeda-beda disetiap petemuannya. Pada pelaksanaannya tidak terdapat perubahan hanya lebih dikembangkan pada petunjuk dalam menjawab latihan soal pada model Drills berbasis TIK yang dibuat lebih menarik. Pada proses evaluasi, dari kelima bentuk evaluasi yang diberikan diperoleh nilai rata-rata tertinggi siswa pada bentuk evaluasi pilihan ganda, maka dapat disimpulkan bahwa bentuk evaluasi pilihan ganda merupakan bentuk evaluasi yang cocok digunakan dalam melakukan penilaian pada model Drills berbasis TIK. Setelah menerapkan model Drills berbasis TIK terdapat perbedaan hasil belajar awal siswa dengan hasil belajar tes formatif siswa. Nilai rata-rata awal siswa yaitu 67,41 setelah diterapkan model Drills berbasis TIK dan dilakukan tes formatif hasilnya menjadi 80,16. Perbedaan tersebut terjadi karena pada model Drills berbasis TIK guru lebih sering memberikan latihan-latihan soal dengan menggunakan tampilan presentasi powerpoint yang dibuat lebih menarik perhatian siswa dan guru juga mediagnosis kemampuan siswa sehingga terbentuk kebiasaan dan keterampilan siswa dalam menjawab soal.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 909821 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:55 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2545 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |