MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 4 NATAR

Ai Dasima, 1013053001 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 4 NATAR. Universitas Lampung, FKIP.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kinerja guru. Rendahnya persentase ketercapaian KKM pada pembelajaran, terlihat dari ulangan tengah semester ganjil siswa kelas IVA SD Negeri 4 Natar, diantaranya terdapat 34,6% siswa belum tuntas dalam hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIA SD Negeri 4 Natar dan sekaligus meningkatkan kinerja guru menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada tema cita-citaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan untuk mengetahui kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dan kinerja guru tema cita-citaku dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (73,08%), siklus II (84,62%) dan siklus III (88,46%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa pada siklus I (46,15%), siklus II (69,23%) dan siklus III (80,77%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I (76,92%), siklus II (80,77%) dan siklus III (88,46%). Sementara nilai kinerja guru pada siklus I (75), siklus II (81,25) dan siklus III (81,25). Kata kunci: hasil belajar, pendekatan inkuiri terbimbing, tema cita-citaku.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 942630 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2014 06:00
Last Modified: 15 Aug 2014 06:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item