Ai Dasima, 1013053001 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 4 NATAR. Universitas Lampung, FKIP.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (311Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (473Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kinerja guru. Rendahnya persentase ketercapaian KKM pada pembelajaran, terlihat dari ulangan tengah semester ganjil siswa kelas IVA SD Negeri 4 Natar, diantaranya terdapat 34,6% siswa belum tuntas dalam hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIA SD Negeri 4 Natar dan sekaligus meningkatkan kinerja guru menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada tema cita-citaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan untuk mengetahui kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dan kinerja guru tema cita-citaku dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (73,08%), siklus II (84,62%) dan siklus III (88,46%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa pada siklus I (46,15%), siklus II (69,23%) dan siklus III (80,77%). Persentase rata-rata nilai hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I (76,92%), siklus II (80,77%) dan siklus III (88,46%). Sementara nilai kinerja guru pada siklus I (75), siklus II (81,25) dan siklus III (81,25). Kata kunci: hasil belajar, pendekatan inkuiri terbimbing, tema cita-citaku.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 942630 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 06:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2014 06:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |