PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF GERAK JATUH BEBAS MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN PESISIR BARAT

HELMI SUHARI, 1123011012 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF GERAK JATUH BEBAS MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN PESISIR BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3798Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF GERAK JATUH BEBAS MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN PESISIR BARAT Oleh HELMI SUHARI Masalah yang diteliti adalah pemanfaatan bahan ajar Fisika SMA Kelas X di Kabupaten Pesisir Barat, proses pengembangan bahan ajar fisika dengan memanfaatkan komputer agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, bahan ajar yang dikembangkan efektif, efisien, dan mempunyai daya tarik dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar yang digunakan saat ini dalam proses pembelajaran mata pelajaran fisika, menghasilkan produk multimedia interaktif, menganalisis efektifitas, efisiensi, dan daya tarik produk multimedia interaktif. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangkunat Belimbing, Bengkunat, dan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes unjuk kerja. Secara statistik, diuji menggunakan uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji efektivitas, efisiensi, dan kemenarikan, lalu dideskripsikan. Kesimpulan penelitian adalah bahan ajar yang digunakan saat ini berupa modul dan buku cetak belum optimal dalam pembelajaran, hasil dari pengembangan ini adalah berupa produk bahan ajar multimedia interaktif gerak jatuh bebas, bahan ajar multimedia interaktif memiliki kategori efektifitas sedang untuk digunakan sebagai media pembelajaran, dibuktikan dengan nilai gain untuk aspek kognitif 0,62 dan aspek psikomotor adalah 0,54 dan aspek sikap adalah 0,52, multimedia interaktif dikategorikan efisien sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,07, multimedia interaktif sangat menarik untuk digunakan sebagai sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata skor 3,33. Kata kunci : bahan ajar, multimedia interaktif, gerak jatuh bebas ABSTRACT DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA TEACHING MATERIALS FREE FALL MOTION PHYSICS SUBJECT IN SENIOR HIGH SCHOOL GRADE X IN WEST PESISIR By HELMI SUHARI The issues are examined the using of teaching materials physics subject in Senior High School in West Pesisir, process of material teaching physics subject development by using computer to improve students achievement, teaching materials developed can be effective, efficient, and attractive to improve students physics learning achievement. This research aims at describing the using of teaching materials into the process of learning physics currently, producing interactive multimedia products, analyzing the effectiveness, the efficiency, and the attractiveness of interactive multimedia products. The research of development was conducted at State Senior High School Bangkunat Belimbing, Bengkunat, and Ngambur. Data were obtained by using observation paper, questionnaires, and performance test. Statistically, it tested by using normality test and paired sample t test, and analyzed by using effectiveness test, the efficiency test, and the attractiveness test. Last result test is described. The conclusions of this research are teaching materials used today in the form of modules and printed books have not been optimal in learning, result of the development of the product line is a form of interactive multimedia teaching materials free fall motion, interactive multimedia teaching materials have moderate activity categories to be used as a medium of learning, evidenced with the value of the gain for the cognitive aspects, 0.62, and psychomotor aspects are 0.54, and aspects of attitude is 0.52, interactive multimedia efficiently categorized as a medium of learning is evidenced by the value of the learning efficiency ratio 1.07, interactive multimedia is very attractive for use as a medium of learning as evidenced by the average score, 3.33. Keywords: free fall motion, interactive multimedia, teaching materials

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 4085559 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:59
Terakhir diubah: 03 Feb 2017 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25469

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir