MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 1 TRISNOMAJU

AGUS SAPTONO , 1323011001 (2016) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 1 TRISNOMAJU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1075Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1076Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan dengan tepat: (1) langkah-langkah model pembelajaran inkuiri, (2) desain perencanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran inkuiri, (3) proses pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inkuiri, (4) instrumen asessmen hasil belajar, dan (5) peningkatan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tiga siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Trisnomaju materi peninggalan sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) langkah-langkah model inkuiri yaitu mengamati, menanya, mencari informasi, memadukan informasi, dan menarik kesimpulan, (2) pembuatan desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar siswa (umur siswa, kondisi siswa, keterampilan awal, gaya belajar, dan analisis karakter materi), desain yang digunakan adalah desain ASSURE, (3) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri meningkatkan aktivitas bekerjasama dan rasa ingin tahu siswa, (4) Evaluasi hasil pembelajaran IPS dengan model pembelajaran inkuiri dengan tes bentuk uraian memiliki validitas 0.81, 0.83, dan 0,82 dinyatakan valid. Reliabilitas soal tes pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 masing-masing adalah 0,926;0,933; dan 0,932, (5) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas V mencapai KKM 80%. Kata kunci: hasil belajar, IPS, model pembelajaran inkuiri ABSTRACT The purpose of this research was to improve the quality of learning by analyzing and finding out accurately: (1) steps of model inquiry learning, (2) design of the learning plan social studies with model inquiry learning, (3) process of learning social studies using model inquiry learning, (4) instrument asessment of learning outcomes, and (5) improving learning outcomes of social studies. The method used this study was a three-phase action research cycle. Place of research at primary school 1 Trisnomaju material tell the historical during Hindu, Budha and Islam in Indonesia. Data were collected using observation and tests, and the qualitative descriptive. Results of the study are: (1) steps inquiry model: to observe, ask, seek information, integrating information and conclusions, (2) the manufacture of learning design begin with need analysis of learner (age learner, conditions of learner, initial skill, learning style, and analysis caracteristic of material), design used is ASSURE design, (2) the learning process with learning model inquiry learning increases the activity of cooperation and couriosity learner, (3) evaluation of learning outcomes using a written test about the description of validity 0.81, 0.83, and 0.82. Reliability cycle 1, cycle 2 and cycle 3 each is 0.926, 0.933, 0.932, (4) the thoroughness of the minimum complete criteria cognitive learning learners fifth grade reached 80%. Keywords: learning outcomes, social studies, model inquiry learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2101456 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:29
Terakhir diubah: 07 Feb 2017 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir