PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA

RIRIEK PRIHATI , 1323031021 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (916Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2960Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESISI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2961Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas mengunakan pendekatan kualitatif dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan penelitian, telah dilakukan pra tindakan. Selanjutnya penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan yang dianalisis dengan cara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa pada pembelajaran sejarah melalui model CTL dengan media gambar mengalami peningkatan, jika pada pra tindakan hanya mencapai rata-rata 24% , pada siklus I menjadi 46,6%, selanjutnya pada siklus II mencapai 66,8% dan setelah pelaksanaan tindakan siklus ke III mengalami peningkatan sebesar 77%. Kesimpulan penerapan model CTL dengan media gambar dalam pembelajaran sejarah berhasil meningkatkan partisipasi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi siswa hingga akhir siklus III meningkat sebesar 26,2% . Kata kunci: CTL, Media Gambar, dan Partisipasi Siswa abstract This research is aimed to increase the students participation towards history subject. The type of this research is class action research with a qualitative approach in phase of planning, action, observation and reflection. Before the research was conducted, pre-action has been carried out. The research was conducted in three cycles, with three meeting in each cycle. The research subject was class X2 SMA N I Tanjung Agung Muara Enim in the academic year of 2014/2015. Observation, documentation, and filed note analyzed by descriptive analytic were applied as the data collecting technique. The results showed that The participation of students in the teaching of history through CTL model with media images has increased, if the pre-action only reached an average of 24%, in the first cycle to 46.6%, then in the second cycle reaches 66, 8% and after the implementation of measures to third cycle increased by to 77%. Based on the results of this study concluded that through CTL model with media images in learning history succeeded in increasing the participation of students until the end of the third cycle increased by 26,2%. Keywords: CTL, media images, and students’ participation.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 0051001 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2017 06:53
Terakhir diubah: 08 Feb 2017 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir