PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN MERODA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN

REFITA YUSUP, 1213051056 (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN MERODA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2058Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1824Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak dasar meroda siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya perbandingan pengaruh gaya mengajar resiprokal dan gaya komando terhadap keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen), sedangkan desain penelitian yang digunakan Randomized Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan yang berjumlah 210 siswa dengan sampel 20% dari jumlah populasi yaitu 40 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai rata-rata untuk kelas gaya mengajar resiprokal diperoleh t hitung = 4,398 > t tabel = 2,093 dengan tes akhir sebesar 1280 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas gaya mengajar komando diperoleh t hitung = 4,398 > t tabel = 2,093 dengan tes akhir sebesar komando 1384. Hasil perhitungan hipotesis menunjukan nilai t hitung sebesar -1,351 dan t tabel sebesar 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua metode pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan meroda pada senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung selatan. Namun bila melihat perbandingan ternyata metode komando lebih baik dari metode resiprokal dalam peningkatan meroda pada pembelajaran senam lantai. Kata Kunci : Resiprokal, Komando, Keterampilan Meroda

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Pengobatan > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: 4822924 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2017 06:27
Last Modified: 08 Feb 2017 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25509

Actions (login required)

View Item View Item