PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS TEMATIK TERPADU TEMA TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dedi Supriyadi, 1423053029 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS TEMATIK TERPADU TEMA TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2444Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan LKS untuk menghasilkan produk LKS IPS berbasis tematik terpadu tema tempat tinggalku kelas IV SD dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengunakan LKS IPS berbasis tematik terpadu tema tempat tinggalku dengan yang tidak menggunakan LKS IPS berbasis tematik terpadu tema tempat tinggalku pada siswa Kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural dengan pendekatan ADDIE. Pengembangan dilakukan dengan tahap-tahap yaitu, analisis kebutuhan, penyusunan draf, validasi, dan revisi produk, lembar kegiatan siswa divalidasi dari segi media dan materi, kemudian direvisi sesuai saran dari para ahli, implementasi pengembangan LKS dan evaluasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar angket, soal pilihan ganda dan uraian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak bertingkat (Multistage Random Sampling). Data dianalisis menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk LKS IPS berbasis tematik terpadu dapat dihasilkan melalui tahap pengembangan, yaitu analisis kebutuhan (needs analysis), mendesain produk (product design), tahap pengembangan produk (product development), implementasi produk (product implementation), dan evaluasi produk (product evaluation) dan (2) hasil uji coba produk pada kelas eksperimen dan kelas kontrol membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang mengunakan LKS IPS berbasis tematik terpadu lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mengunakan LKS IPS berbasis tematik terpadu. Dengan demikian LKS IPS berbasis tematik terpadu tema tempat tinggalku teruji secara nyata (signifikan) dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping buku siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci : ilmu pengetahuan sosial, lembar kegiatan siswa, tematik terpadu, dan hasil belajar ABSTRACT The aims of this research are (1) developing students’ worksheetin order to produce a social science students’ worksheet based on integrated thematic instruction with the tittle my environment for the fourth grade students of elementary school and (2) knowing the differences ofaverage point between the students who use my environment social sciencestudents’ worksheet based on integrated thematic instructionand the students who do not use my environment social sciencestudents’ worksheet based on integrated thematic instruction at the fourth grade students of elementary school. Methodology of this research is Research and Development, the developing model used in this research is procedural model by using ADDIE approach. The developing had been done by using many steps, they are, need analysis, draft composing, validation, and product revision. The data were gained through questionnaire, multiple choice and essay. The data were analyzed by using t test formula. The finding shows that: (1) Social science students’ worksheet based on integrated thematic instruction can be producedby using developing’ steps, they are, need analysis, product design, product development, product implementation, and product evaluation and (2) the result of the students’ worksheet testing in experimental class and control class approves that the average point by the students who usesocial science students’ worksheet based on integrated thematic instruction is higher than the students who do not usesocial sciencestudents’ worksheet based on integrated thematic instruction. Based on the explanation above, it can be concluded that my environment social science students’ worksheet based on integrated thematic instruction is tested significantly can improve student’ learning outcomes and can be used as the learning material. Key Words: social science, students worksheet, integrated thematic instruction, and learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 6816260 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2017 01:47
Terakhir diubah: 09 Feb 2017 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir