PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FRIEZSYA PUTI CHANDRAMICA, (1113053046) (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (836Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (913Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa pasif dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan suasana kelas yang aktif serta kondusif sehingga aktivitas yang timbul dari siswa dapat membentuk pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain pada penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group design. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang terbagi atas 2 kelas. IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Dependent Sample Test pada taraf kepercayaan 5% (sig = 0,05). Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata selisih pre-test dan post-test hasil belajar IPS pada kelas kontrol adalah 6,00 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 17,00 dan jika dibandingkan nilai ratarata selisih pre-test dan post-test kelas kontrol dengan kelas eksperimen, nilai ratarata selisih pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji dependent sample test pada taraf kepercayaan (significance level) 5% menunjukkan nilai t hitung sebesar 16,333 dengan probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran, Mind Mapping

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 5830034 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:47
Terakhir diubah: 09 Feb 2017 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25529

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir