ARUFIL ERY TRIANA , 1213041010 (2017) PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 KALIREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1609Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1610Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran memahami teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran memahami teks laporan hasil observasi yang difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan yang meliputi aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisis terhadap tahapan kegiatan dalam pembelajaran memahami teks laporan hasil observasi. Sumber data dalam penelitian terdiri dari RPP, pelaksanaan pembelajaran berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, rekaman video, foto, dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan tiga tahapan pembelajaran memahami teks laporan hasil observasi yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru membuat Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan format pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah melakukan tiga tahapan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan rencana kegiatan. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat indikator yang tidak guru lakukan seperti menyampaiakan manfaat pembelajaran dan memberikan motivasi. Pada kegiatan inti guru melaksanakan semua komponen pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan instrumen. Pada pelaksanaannya guru tidak menggunakan media powerpoint dikarenakan fasilitas yang ada di sekolah kurang memadai dan guru tidak melaksanakan pembelajaran sesuai alokasi waktu yang guru rencanakan. Pada kegiatan inti guru menggunakan pendekatan saintifik dan memfasilitasi siswa dengan lima aktivitas yang memacu siswa untuk memahami teks laporan hasil observasi. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Kegiatan penutup guru mengumpulkan tugas dan memberikan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya tetapi guru tidak melakukan refleksi dan tes tulis atau lisan. Penilaian sikap dilakukan guru dengan cara mengamati perilaku siswa pada saat pembelajaran. Penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan guru dengan memberikan tes tertulis yang dikerjakan secara berkelompok.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 4269912 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 04:36 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2017 04:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25537 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |