ANIS FITRIANA, 1213033006 (2016) HUBUNGAN ANTARA HASIL TES IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA N 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TA. 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2277Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2011Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kegiatan belajar pada proses pendidikan disekolah merupakan kegiatan yang paling pokok, karena berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Prestasi belajar yang merupakan sebuah pencerminan dari ketercapaian proses belajar itu sendiri dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor internal yang dianggap berperan penting adalah inteligensi, karena seseorang yang memiliki inteligensi yang tinggi dianggap akan mempengaruhi proses belajarnya dengan baik. Kecerdasan/inteligensi seseorang yang diukur dan ditunjukkan berupa hasil tes IQ memberikan indikasi terkait taraf kecerdasan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar siswa di sekolah pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Way Jepara Lampung Timur dan Lembaga Psikologi Terapan (LPT) ANIMA. Penelitian dikhususkan untuk siswa kelas X IPS pada TA. 2015/2016 semester genap. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data hasil tes IQ dari LPT ANIMA yang telah diberikan pada guru BK dan Hasil Belajar siswa dari guru sejarah di SMA N 1 Way Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan pendekatan analisis korelasional menggunakan uji statistik Kai-Kuadrat χ2 serta koefisien korelasi Theta(θ). Hasil penelitian menunjukkan penghitungan χ2hitung sebesar 4,01 yang berarti tidak adanya hubungan yang erat diantara keduanya. Keeratan hubungan kemudian dinterpretasikan dengan nilai θ sebesar 0,3 yang menunjukkan hubungan yakni lemah tapi pasti, artinya IQ memiliki keeratan hubungan yang lemah tapi pasti dengan prestasi belajar. Hal tersebut disadari karena adanya berbagai faktor lain yang memiliki hubungan lebih erat dengan prestasi belajar selain daripada hasil tes IQ. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Inteligensi, Tes IQ
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2249119 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 06:51 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2017 06:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25539 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |