IMPLIKATUR KONVENSIONAL DALAM STRUKTUR JOKE ACARA STAND UP COMEDY SEASON 5 DI KOMPAS TV DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

DELTA YULIANA , 1213041019 (2017) IMPLIKATUR KONVENSIONAL DALAM STRUKTUR JOKE ACARA STAND UP COMEDY SEASON 5 DI KOMPAS TV DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (909Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah implikatur konvensional konvensional dalam struktur joke acara stand up comedy Indonesia season 5 di Kompas TV dan implikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur konvensional dalam struktur joke acara stand up comedy Indonesia season 5 di Kompas TV dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah video Stand Up Comedy Indonesia season 5 di Kompas TV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Teknik simak bebas merupakan teknik yang di dalamnya peneliti hanya bertindak sebagai peneliti, dan tidak terlibat dalam percakapan. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa ditemukan implikatur konvensional pada struktur joke yang digunakan komika dalam acara Stand Up Comedy Indonesia season 5 di Kompas TV. Implikatur konvensional ditemukan dalam struktur joke acara Stand Up Comedy Indonesia Season 5 di Kompas TV meliputi bagian set up yang merupakan bagian awal dari sebuah joke yang tidak lucu. Implikatur konvensional ditemukan pada cara kerja joke yakni 1st story dan 2nd story, set up dan 1st story. Implikatur konvensional di dalam joke yang digunakan komika ditemukan pada tiga mekanisme yaitu 1st story dengan 2nd story yaitu target assumption, reinterpretasi, dan connector, sedangkan fungsi implikatur dalam struktur joke memiliki tiga fungsi yaitu sebagai sarana penghibur, sarana mengkritik atau mengejek, dan sarana menyampaikan atau menjelaskan sesuatu secara lebih populer/menarik. Implikasi pembelajaran implikatur konvensional struktur joke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu pada materi pembelajaran siswa kelas X semester ganjil pada KD 4.2 memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci : implikatur konvensional, struktur joke, stand up comedy.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 5830028 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:42
Last Modified: 14 Feb 2017 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25557

Actions (login required)

View Item View Item