MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN BUMISARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

INDRI SILVIA FADILLA , 1313093055 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN BUMISARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (829Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986Kb)

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bumi Sari pada mata pelajaran IPS, yang menunjukkan bahwa siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model Example non Example. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Example non Example pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 91,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 16,67% (kategori kurang aktif) dan rata-rata nilai meningkat menjadi sebesar 104,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67% (kategori aktif) pada siklus II. Rata-rata nilai afektif siswa sebesar 63,66 dengan hasil belajar 46,67% (kategori kurang aktif) dan rata-rata nilai meningkat menjadi sebesar 88,67 dengan hasil belajar 80,00% (kategori sangat baik) pada siklus II. Rata-rata nilai psikomotor siswa pada siklus I sebesar 79,00 dengan hasil belajar sebesar 30,00% (kategori kurang terampil) dan rata-rata nilai meningkat menjadi sebesar 90,00 dengan hasil belajar 63,00% (kategori terampil). Rata-rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 60,67 dengan hasil belajar sebesar 66,67% (kategori tinggi) dan rata-rata nilai meningkat menjadi sebesar 69,00 dengan hasil belajar sebesar 86,66% (kategori tinggi). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Example non Example.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 1651136 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2017 04:37
Last Modified: 14 Feb 2017 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item View Item