PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SUKOHARJO KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016

DANI FRENGKI SIMANJUNTAK, 1013033005 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SUKOHARJO KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2013Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1655Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tidak semua metode pembelajaran dapat diterapkan kepada materi dan corak siswa. Metode Pembelajaran Brainstorming dengan media visual merupakan metode yang tepat untuk corak siswa yang aktif akan tetapi hasil belajar kognitifnya belum memuaskan. Dengan Metode ini siswa diharapkan aktif berfikir kritis dan tidak malu mengemukakan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh positif yang Signifikan Metode Pembelajaran Brainstorming Dengan Menggunakan Media visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Sukoharjo TA 2015/2016? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif yang signifikan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan media visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X di SMAN 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015-2016. Metode Penelitian eksperimen ini menggunakan Desain Eksperimen Posttest only Control design. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus uji F.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel 24 siswa X SMAN 1 Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian setelah dianalisis, dengan diketahui Fo 10,732 > Ftabel 4,08 dari hasil tersebut keputusan uji yang diambil yaitu H0 ditolak, dengan taraf nyata 5%, yang apabila ditafsirkan menggunakan tabel pengukuran koefisien korelasi artinya taraf signifikan yang dicapai cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan metode Pembelajaran Brainstorming dengan media visual terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Sejarah kelas X SMAN 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2196159 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:20
Terakhir diubah: 14 Feb 2017 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25563

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir