HUBUNGAN SELF EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tanjung karang Barat Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

FITRIJA MARVELYA , 1213024027 (2017) HUBUNGAN SELF EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tanjung karang Barat Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (803Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif dengan desain deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tanjung karang Barat berjumlah 282 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa skor jawaban kuisioner angket siswa dan data kuantitatif berupa data jawaban hasil pengerjaan soal-soal IPA, kemudian di analisis menggunakan Microsoft Office Exel 2007 serta untuk mengetahui perbandingan self efficacy dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik menggunakan uji Beda Independent Sampel T dan uji Korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self Efficacy siswa se-Kecamatan Tanjung karang Barat dalam kategori “Tinggi” (71.18 ± 0.48). Jika dipisahkan berdasarkan aspek akademik Self Efficacy berkategori “Tinggi” (69.92 ± 0.52), capaian kedua iii yaitu aspek sosial berkategori “Tinggi” (71.37 ± 0.59). Dan yang terakhir aspek emosional berkategori “Tinggi” (72.26 ± 0.66). Berdasarkan hasil Self Efficacy, jika dibedakan berdasarkan gender maka siswa laki-laki memiliki Self Efficacy yang lebih unggul (71.44 ± 0.65) dibandingkan siswa perempuan (70.92 ± 0.70). Dari hasil uji statistik diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Selain gender, dilakukan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan Self Efficacy dengan hasil belajar. Dari hasil uji statistik diperoleh bahwa terdapat hubungan positif dengan keeratan hubungan “Sangat Rendah” antara Self Efficacy dengan hasil belajar pada siswa laki-laki sedangkan pada siswa perempuan tidak terdapat hubungan dengan keeratan hubungan “sangat rendah” Self Efficacy dengan hasil belajar IPA. Kata Kunci : Gender, Hasil Belajar, Self Efficacy

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 7410763 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:23
Last Modified: 17 Feb 2017 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25605

Actions (login required)

View Item View Item