PENGARUH GENOTIPE DENGAN DUA TINGKAT KEMASAKAN PADA PRODUKSI, MUTU FISIK, DAN MUTU FISIOLOGIS BENIH SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench.)

YEYEN ILMIASARI , 1114121214 (2017) PENGARUH GENOTIPE DENGAN DUA TINGKAT KEMASAKAN PADA PRODUKSI, MUTU FISIK, DAN MUTU FISIOLOGIS BENIH SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT( ABSTRAK ).pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (974Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (975Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu faktor penentu keberhasilan produksi yaitu penggunaan benih unggul bermutu. Benih unggul bermutu ditinjau dari aspek genetik, fisik, dan fisiologis. Jika benih yang digunakan memiliki ketiga aspek tersebut, maka dapat menghasilkan tanaman yang berproduksi tinggi dan bermutu baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh genotipe dan tingkat kemasakan pada pada produksi, mutu fisik, dan mutu fisiologis benih sorgum biji. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Benih dan Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang berlangsung dari bulan April 2015 sampai dengan Februari 2016. Percobaan ini menggunakan perlakuan faktorial (4x2) yang disusun dalam rancangan spil-plot dengan 3 blok sebagai ulangan. Faktor utama adala genotipe sebagai petak utama terdiri atas Samurai-2 (g1), Super-2 (g2), Pahat (g3), dan GHP-1 (g4). Faktor kedua tingkat kemasakan sebagai anak petak yaitu 41 HSB (t1), dan 49 HSB (t2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Super-2 memiliki produksi lebih tinggi, dan mutu benih (fisik dan fisiologis) lebih baik bila dibandigkan Samurai-2, Pahat, dan GHP-1; (2) tingkat kemasakan menunjukkan hasil yang tidak berbeda pada produksi, mutu fisik kecuali variabel kadar air benih panen, dan mutu fisiologis; (3) pengaruh genotipe pada produksi, mutu fisik, dan mutu fisiologis tidak tergantung pada tingkat kemasakan. Kata kunci: Benih sorgum, genotipe, mutu benih, produksi, tingkat kemasakan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 3968140 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:21
Terakhir diubah: 17 Feb 2017 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir