PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN BAGI KEHIDUPAN

ROSIDA, 1423025014 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN BAGI KEHIDUPAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, pada topik dampak pencemaran bagi kehidupan. Desain penelitian dan pengembangan diadopsi dari model Borg dan Gall, telah dilakukan dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk awal, tahap validasi dan revisi serta ujicoba. Hasil pengembangan diujicobakan pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Pesawaran pada semester genap tahun ajaran 2015/2016, menggunakan rancangan The matching-only pretestposttescontrol group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: karakteristik e-book interaktif dikembangkan menjadi tiga sub terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup, sesuai dari hasil validasi uji ii ahli konstruksi, ahli konten/materi, dan ahli bahasa dengan capaian penilaian 100%. E-book interaktif yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat tinggi berdasarkan tanggapan guru (93%) dan tanggapan siswa (85%). Kepraktisan e-book interaktif dilihat pada saat Implementasi pembelajaran menggunakan e-book dapat terlaksana dengan baik sesuai perolehan skor rata-rata aktivitas guru 74,2% (baik) dan aktivitas siswa 71.5% (tinggi). Respon siswa terhadap pembelajaran dan e-book interaktif sangat positif, hal ini dibuktikan dengan ketertarikan siswa saat mengikuti pembelajaran sangat senang dan antusias, sesuai dengan hasil wawancara dan observasi. Efektivitas penggunaan e-book interaktif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, ditunjukkan dari perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai gain kelas eksperimen (VII B) sebesar 0,37 (cukup) dan kelas kontrol (kelas VII A) sebesar 0,21 (kurang). Kesimpulan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan e-book interaktif cukup efektif menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan dengan n-Gain kelas eksperimen (0,37) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (0,21), dengan capaian tertinggi pada indikator membuat dan mempertimbangkan induksi. Kata kunci : Bahan ajar, e-book interaktif, keterampilan berpikir kritis. abstract The research aims to develop an interactive e-book on how to improve students' critical thinking skills to the topicl impact of pollution for life. The study design and development of the model adopted Borg and Gall, has been done by way of a preliminary study, early product development, revision and validation phase, and trial The result of development was piloted in the seventh grade students at MTs 2 Pesawaran in the second semester of the 2015/2016 academic year, using the design of the trial non equivalent control group design. Data collection methods that is used were questionnaires, interviews, observation and tests, while the technique of data analysis was using descriptive analysis of qualitative and quantitative. The results that is shows several findings, namely: Characteristics of interactive e-book is developed into three sub which is consist of introduction, contents, and cover according, as the results of the validation test construction experts, expert content / materials, and linguists with performance ratings 100%. iv E-book developed interactive has a very high feasibility based on the responses of teachers (93%) and the responses of students (85%). Practicality interactive ebook seen at.the implementation of learning process that used interactive e-book can be done well wich is showed by the mean score that is achieved 74.2% for the teachers activity (good) and 71.5% (high) for the student activity. The response from the students towards learning process and interactive e-book is very positive, this is evidenced by the interest of students while attending the learning very happy, according to interviews and observations. The effectiveness of the use of interactive e-book to cultivate critical thinking skills, shown from n-gain difference is significant between the control class and experimental class. Value gain experimental class (VII B) of 0.37 (enough) and the control class (class VII A) of 0.21 (less). The conclusion The results showed that the use of interactive ebooks quite effectively foster students' critical thinking skills, as evidenced by n- Gain experimental class (0.37) is higher and significantly different than the control class (0.21). with the highest achievements in the indicator to make and consider induction. Keywords: Teaching material, e-book interactive, critical thinking skills.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 5000955 . Digilib
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:17
Terakhir diubah: 18 Feb 2017 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25617

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir