PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GURU DALAM PENGGUNAAN KIT IPA SMP BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH

Tiara Melati, (1313022074) (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GURU DALAM PENGGUNAAN KIT IPA SMP BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2105Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1861Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan buku panduan guru dalam penggunaan KIT IPA berbasis pendekatan saintifik, mendeskripsikan kelayakan komponen isi, komponen kebahasaan, dan kualitas penyajian dari buku panduan, serta mendeskripsikan keefektifan buku panduan dalam penilaian kompetensi ranah kognitif dan psikomotor pada materi gelombang transversal dan longitudinal. Telah dilakukan penelitian pengembangan buku panduan dengan memanfaatkan KIT IPA bagi guru kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan, dan desain penelitian yang digunakan yaitu mengacu pada desain penelitian oleh Sugiyono. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli komponen isi dengan skor 3,82 (sangat layak), uji ahli kebahasaan dengan skor 3,78 (sangat layak), dan uji ahli kualitas penyajian dengan skor 3,58 (sangat layak). Setelah dilakukan uji coba pemakaian produk, diperoleh persentase keefektifan produk sebesar 79,31%, yaitu 23 siswa dari jumlah seluruhnya sebanyak 29 siswa telah mencapai KKM pada penilaian ranah kognitif. Sementara persentase keefektifan produk pada ranah psikomotor adalah 100% siswa telah mencapai KKM yaitu total seluruh dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pengembangan buku panduan guru dalam penggunaan KIT IPA berbasis pendekatan saintifik telah layak dan efektif untuk digunakan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kata kunci: buku panduan, KIT IPA, pendekatan saintifik

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 3703085 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2017 03:32
Last Modified: 20 Feb 2017 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25621

Actions (login required)

View Item View Item