ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN EFISIENSI PEMASARAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

SYAFRI ALFIZAR , 1214131100 (2017) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN EFISIENSI PEMASARAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1153Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (945Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan finansial kelapa sawit dan (2) efisiensi pemasaran kelapa sawit. Penelitian dilakukan di Kecamatan Bangun Rejo dan Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah. Data penelitian diambil dari bulan April sampai Mei 2016. Populasi petani kelapa sawit yang memiliki umur tanaman 5 hingga 10 tahun di Desa Binjaingagung adalah 54 jiwa dan populasi petani kelapa sawit di Desa Sidoluhur adalah 118 jiwa, sehingga didapat jumlah populasi petani kelapa sawit sebanyak 172 jiwa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari petani kelapa sawit. Jumlah sampel yaitu sebanyak 27 petani dari jumlah total populasi 172 petani. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis keuntungan, analisis finansial secara kuantitatif, dan analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara finansial usahatani kelapa sawit di Lampung Tengah layak. Pada uji sensitivitas terhadap tiga kondisi, yaitu kenaikan biaya produksi, penurunan harga jual, dan penurunan produksi dihasilkan bahwa ketiga kondisi tersebut sensitif terhadap perubahan. (2) Pemasaran kelapa sawit di Kabupaten Lampung Tengah tidak efisien, dilihat dari struktur pasar tidak bersaing sempurna, perilaku pasar petani sebagai price taker dan ratio profit margin yang diperoleh tidak tersebar merata. Kata Kunci : efisiensi pemasaran, kelapa sawit, kelayakan finansial ABSTRACT The aims of this research are to find out (1) the financial feasibility and (2) marketing efficiency, of palm oil. The research is conducted in Bangun Rejo and Bekri Subdistricts, Central Lampung Regency. The data is collected since April up to May 2016. The population of palm oil farmers who have plants with the age of 5 up to 10 years in Binjaingagung 54 and Sidoluhur Villages are 118 inhabitants. Respectively the total population of oil palm farmers are 172 inhabitants. The sample in this research the oil palm farmers. The number of samples are 27 farmers out of is total population of 172 farmers. The analysis data methods used in this research are advantages, quantitative financial and marketing analyses. The results of this research show: (1) Palm oil farming in Central Lampung is financially feasible. There are three conditions on the sensitivity test i.e the increase in production costs, the decline in selling price, and the decline in production resulted that the three conditions are sensitive with changes. (2) Marketing of oil palm in Central Lampung Regency are not efficient. It is showed by market structure that imperfectly compete. Market behavior of the farmers as the price taker and ratio profit margin are not equally distributed evenly spread. Key words : financial feasibility, marketing eficiency, palm oil

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 3677200 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2017 07:28
Terakhir diubah: 20 Feb 2017 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25636

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir