ANALISIS KRIMINOLOGIS PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH REMAJA DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT (Studi Di Kapolsek Belalau Lampung Barat)

WILLY ADMAJAYA, 1342011172 (2017) ANALISIS KRIMINOLOGIS PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH REMAJA DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT (Studi Di Kapolsek Belalau Lampung Barat). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1197Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1152Kb) | Preview

Abstrak

Penyalahgunaan narkoba oleh remaja saat ini menjadi perhatian berbagai kalangan yang terus menerus dibicarakan dan dipublikasikan, bahkan telah menjadi perhatian seluruh dunia. Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan remaja merupakan suatu penyimpangan tingkah laku atau perbuatan melanggar hukum, sangat disayangkan apabila remaja telah mengalami penyalahgunaan narkoba bahkan dapat menjadi pecandu. Adapun permasalahan yang menjadi acuan dalam penulisan skripsi ini adalah apakah faktor penyebab terjadinya kejahatan penyalahgunaan narkoba oleh remaja dan bagaimanakah upaya penanggulangan terhadap penyalahgunaan narkoba oleh remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui faktor penyebab terjadinya kejahatan penyalahgunaan narkoba oleh remaja sekolah dan upaya penanggulangan dalam kejahatan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja yang sudah mulai dewasa.Penelitian ini bersifat penelitian lapangan dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan kusioner terhadap beberapa pihak yang terkait dengan topik penelitian. Selain itu, penulis juga melakukan penelitian kepustakaan melalui data-data yang berkaitan dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian.Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan sebagai berikut: 1) faktor penyebab penyalahgunaan narkoba oleh remaja karena faktor depresi, coba-coba, lingkungan. 2) upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan agar remaja tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba antara lain, upaya Pre-Emtif : penanaman nilai moral pada diri remaja, upaya preventif: Melakukan pengawasan dan bimbingan secara komunikatif yang dilakukan oleh orang tua dan guru, upaya represif: Melakukan bimbingan sosial dan konseling perorangan kepada pelaku sehingga pelaku mempunyai keinginan yang kuat untuk sembuh, memberikan arahan berupa ceramah keagamaan terhadap para tahanan dalam BND lampung Barat. Saran dari penelitian ini adalah : Perlunya penanaman ilmu agama dan pembinaan moral akhlak yang baik sejak dini kepada remaja, Memberikan pemahaman kepada remaja tentang narkoba merupakan barang yang jika disalahgunakan menimbulkan dampak negatif bagi diri sendir maupun lingkungan sekitarnya,Setiap orang tua dan aparat pemerintah memiliki tanggung jawab terhadap masa depan generasi muda yakni remaja dalam hal ini setiap orang tua dan aparat pemerintah wajib mengarahkan dan membimbing para remaja Kata Kunci : Kriminologis, Narkoba, Remaja

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Hukum Pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Depositing User: 2264361 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:15
Last Modified: 21 Feb 2017 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item