PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DESIYANTI, 1313093012 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1955Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1787Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Branti Raya, yaitu hanya 8 siswa (40%) dari 20 siswa yang mampu mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa di setiap siklusnya. siklus I persentase nilai rata-rata aktivitas sebesar 59% dengan kategori “Kurang Aktif” dan siklus II meningkat menjadi 71% dengan kategori “Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 64 dengan persentase ketuntasan mencapai 55% dengan kategori “Tidak Tuntas" dan siklus II menjadi 72 dengan persentase ketuntasan meningkat 25% menjadi 80% dengan kategori “Tuntas”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8911608 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:40
Terakhir diubah: 21 Feb 2017 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25656

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir