PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

Lina Yunita Sari, 1213024038 (2017) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHSAN.pdf

Download (1124Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1795Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kerjasama siswa kelas IV dan kelas V dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Gedung Meneng Bandar Lampung dan mengetahui pola kerjasama siswa kelas IV dan kelas V dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Gedung Meneng Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga siswa kelas IV dan V dari SD Negeri 1 Gedung Meneng diambil sebagai subjek penelitian. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa kemampuan kerjasma siswa dilihat berdasarkan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, sangat rendah, dan rendah yang diperoleh dari lembar observasi dan angket siswa, kemudian hasil pola kerjasama diperoleh melalui video. Hasil lembar observasi dan angket siswa kemudian dihitung dalam bentuk persentase dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA pada SD Negeri 1 Gedung Meneng profil kemampuan kerjasama sudah mencapai dalam kriteria “tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar observasi tingkat kemampuan kerjasama yakni pada aspek taat aturan tergolong dalam kriteria “tinggi” dengan persentase 73%. Sedangkan hasil dari angket kemapuan kerjasama siswa yakni pada aspek taat aturan tergolong dalam kriteria “tinggi” dengan persentase 72%. Hasil video terbentuklah pola kerjasama siswa pada pembelajaran IPA yaitu pola kerjasama langsung (Directed Cooperation). KataKunci: Pembelajaran IPA, Kemampuan Kerjasama, Profil dan Pola Kerjasama.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 5923723 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:34
Last Modified: 21 Feb 2017 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item