MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN

RIANTIKA BERLIANA, 1413093035 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1443Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1352Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada ulangan semester ganjil yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 14 siswa dari 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model inquiry di kelas V SD Negeri 59 Gedong Tataan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan dalam pengumpulan data nilai-nilai siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik non tes dilakukan melalui observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat secara signifikan. Hasil analisis statistik terdapat hubungan yang cukup erat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 59 Gedong Tataan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kata kunci: Aktivitasbelajar, hasilbelajar, model inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 4685408 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2017 07:52
Terakhir diubah: 22 Feb 2017 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25660

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir