EVA AGUSTINA , (0913024093) (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (904Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (532Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Aktivitas belajar siswa menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil observasi di SMP Negeri 21 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT melalui pendekatan lingkungan sekolah terhadap aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIJ dan VIIK yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa terhadap penggunaan model pembelajaran TGT melalui pendekatan lingkungan sekolah yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data kemampuan penguasaan materi pada materi pokok ekosistem yang diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang kemudian dianalisis menggunakan uji U melalui SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT melalui pendekatan lingkungan sekolah meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 80,8%. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (30,69); postes (72,93); dan N-gain (0,61). Selanjutnya uji Mann-Whitney U untuk nilai pretes kelas eksperimen p (0,165 > 0,164) dan pada kelas kontrol p (0,165 < 0,167) sehingga diketahui untuk nilai pretes pada kedua kelas berbeda tidak signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk nilai postes pada kelas eksperimen p (0,000 < 0,164) dan pada kelas kontrol p (0,000 < 0,167) sehingga diketahui untuk nilai postes pada kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk nilai N-gain pada kelas eksperimen p (0,000 < 0,164) dan pada kelas kontrol p (0,000 < 0,167) sehingga nilai N-gain pada kedua kelas berbeda signifikan. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran TGT melalui pendekatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci : TGT, pendekatan lingkungan, aktivitas belajar, dan penguasaan materi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 0629087 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 07:30 |
Terakhir diubah: | 22 Feb 2017 07:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25673 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |