PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMEPEROLEH DAN MENYAJIKAN SERTA MENGANALISIS DATA

Triyono, INDRI FEMICEYANTI (2013) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMEPEROLEH DAN MENYAJIKAN SERTA MENGANALISIS DATA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2.COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5.PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232Kb)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img] Archive
3.LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (7Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle 3E (LC 3E) pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 semester genap Tahun Ajar-an 2012-2013 yang memiliki karakteristik hampir sama. Peningkatan keterampil-an memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memperoleh dan menyajikan data untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,21 dan 0,43; dan rata-rata n-Gain menganalisis data untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,20 dan 0,47. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa dengan pembelajaran LC 3E memiliki keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan pembelaja- an konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data. Kata kunci: pembelajaran LC 3E, memperoleh dan menyajikan serta menganali-sis data

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 07:23
Last Modified: 08 Jan 2014 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item