REPRESENTASI TOKOH SEJARAH S.M. KARTOSOEWIRJO DALAM NOVEL KARTOSOEWIRJO: PAHLAWAN ATAU TERORIS? KARYA DAMIEN DEMATRA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANYA

AHMAD FARHAN , 1113041002 (2017) REPRESENTASI TOKOH SEJARAH S.M. KARTOSOEWIRJO DALAM NOVEL KARTOSOEWIRJO: PAHLAWAN ATAU TERORIS? KARYA DAMIEN DEMATRA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (868Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tokoh sejarah S.M. Kartosoewirjo direpresentasikan dalam novel Kartosoewirjo: Pahlawan atau Teroris? karya Damien Dematra dan merancang pembelajaran dengan menggunakan novel tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari novel Kartosoewirjo: Pahlawan atau Teroris? karya Damien Dematra dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks dengan pendekatan struktural Robert Stanton yaitu pendekatan fakta cerita. Hasil dari penelitian ini adalah tokoh sejarah S.M. Kartosoewirjo dalam novel Kartosoewirjo: Pahlawan atau Teroris? karya Damien Dematra direpresentasikan sebagai seorang pahlawan pejuang kemerdekaan sekaligus sebagai seorang pemberontak atau teroris. Ia adalah seorang pejuang kemerdekaan yang karena kekecewaannya terhadap Republik Indonesia yang tidak berlandaskan syariat Islam, akhirnya memilih untuk mendirikan negaranya sendiri yaitu Negara Islam Indonesia. Kemudian oleh Pemerintah Republik dirinya dicap sebagai pemberontak yang harus ditumpas. Novel Kartosoewirjo: Pahlawan atau Teroris? karya Damien Dematra ini cocok digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XII KD 3.3 dan KD 4.3, karena novel tersebut menceritakan kisah hidup seorang tokoh sejarah dan hal ini sesuai dengan materi pembelajaran yaitu teks novel sejarah. Kata kunci: novel sejarah, representasi, S.M. Kartosoewirjo.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 8942979 . Digilib
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:26
Last Modified: 27 Feb 2017 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item View Item