PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GUNUNG SUGIH TAHUN AJARAN 2015/2016

ODY IQBAL, 1213033057 (2017) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GUNUNG SUGIH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3093Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2315Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu langkah yang bisa ditempuh yaitu belajar mengajar menggunakan teknik pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu menerapkan Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh yang positif dan signifikan teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Lampung Tengah tahun ajaran 2015/2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta untuk uji pengaruh dan Uji X2 untuk uji signifikan. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Theta dan Uji X2 dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada pengaruh positif yang cukup berarti atau sedang yaitu 0,4279 dan signifikan yaitu 10,80 dari pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : berkirim salam dan soal, motivasi, sejarah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2409614 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:40
Last Modified: 28 Feb 2017 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25827

Actions (login required)

View Item View Item