PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2015/2016

IKA YULITHA , 1213033039 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1681Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1111Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kemajuan suatu bangsa dapat dinilai dari kualitas sumber daya manusianya. dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini dengan mengembangkan model pembelajaran yang dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang berhasil dikembangkan untuk memberi pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa menurut Imas Kurniasih adalah model pembelajaran yang dikembangkan oleh Sharan and Sharan (1976) yaitu Group Investigation (GI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2015/2016?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada Pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2015/2016”. Adapun waktu pelaksanaan penelitian ini adalah semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 265 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta dan Uji X2) (Kai Kuadrat). Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Theta dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada pengaruh positif yang cukup yaitu 0,40625 dan signifikan yaitu 11,78 dari pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2973826 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2017 09:08
Terakhir diubah: 28 Feb 2017 09:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir