EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Hendri Kuswanto, 0913034089 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI TAHUN PELAJARAN 2014-2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1637Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1223Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan belum digunakannya model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture bagisiswa SMA Negeri 1 Way Serdang. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment), populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Serdang sebanyak 71 siswa. Jumlah sampel 48 siswa yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji-t (independent sample test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara siswa yang diberi perlakuan metode picture and picture (kelas eksperimen) dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional yaitu ceramah bervariasi pada kelas kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Hal itu dapat diketahui dari banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelas eksperimen. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and Picture, Hasil Belajar ABSTRACT The problem of the research is the low outcome learning of the student and has not used picture and picture model. The purpose of the research is to detirmind the effectiveness of cooprative learning picture and picture type for student of SMA Negeri 1 Way Serdang. The method used a quasi experimental method (quasi experiment). The population are students of class XI social SMA Negeri 1 Way Serdang as many as 71 student. The sample are 48 students obtal ned by random sampling technique. The data analysis used t-tes (independent sample tests). The research result slowed there is an avarage diffrence of student learning outcome betwen student who given picture and picture method (experiment class) whit student who given conventional method that is discurse variation in control class. The learning use picture and picture model more effective than discourse method it can be know to many student who reach misteri learning in the experiment class. Keywords: cooprative learning model, picture and picture, result study.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 6214940 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:33
Terakhir diubah: 28 Feb 2017 08:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir