PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

MUHAMMAD KADAFI, 1113033038 (2017) PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1919Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1575Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Ada beberapa faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar sangatlah penting untuk keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Dalam hal ini perlu adanya usahausaha guna meningkatkan motivasi belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division yang menggunakan kerjasama kelompok diskusi dalam pembelajarannya, dengan adanya kelompok diskusi ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar dan, khususnya pada pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji theta dan kai kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,5225 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering model Student Teams Achievement Division digunakan, maka motivasi belajar IPS siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 7,295 sehingga dapat diartikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro tahun ajaran 2015/2016.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 1216967 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:03
Last Modified: 01 Mar 2017 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item