PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEJARAH SISWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016.

ZHERA JUNIUS MANTIRA, 1213033084 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEJARAH SISWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1835Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2707Kb)

Abstrak

Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Hal ini karena pendidikan merupakan proses budaya yang bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Telah banyak upaya yang dilakukan agar mutu pendidikan yang ada di Indonesia dapat meningkat. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah melakukan eksperimen dengan pendekatan alternatif model pembelajaran Picture and Picture. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Apakah ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek keterampilan analisis mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada atau tidak pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek keterampilan analisis mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Eta dan Uji F. Berdasarkan analisis data secara kuantitaif dengan menggunakan rumus Eta dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang cukup berarti yaitu 0,49 dan signifikan yaitu 18,32 dari pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LA History of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 1306718 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:47
Last Modified: 01 Mar 2017 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25894

Actions (login required)

View Item View Item