PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA N 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH

RAHMAWATI PAMUNGKAS, 1213043037 (2017) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA N 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40Kb)
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA N 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH Oleh RAHMAWATI PAMUNGKAS Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran seni tari di SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran seni tari di SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalu pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dan peran guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang mengikuti pembelajaran seni tari di kelas X A SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran seni tari di SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah menunjukkan bahwa guru dapat menjalankan 10 peran dari 13 peran yang harus dijalankan dalam pembelajaran seni tari, yaitu guru sebagai korektor, guru sebagai informator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai supervisior, guru sebagai evaluator, 3 peran yang belum dijalankan yaitu, guru sebagai mediator, guru sebagai inisiator, guru sebagai inspirator. Kata Kunci: peran guru, pembelajaran, seni tariABSTRACT THE ROLE OF TEACHERS IN LEARNING THE ART OF DANCE IN SMA N 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH by RAHMAWATI PAMUNGKAS The problem in the research is how the role of teacher in learning of dance in SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah. This is study aims to describe the role of teacher in the art of dance in SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah. This research uses descriptive method with qualitative approaches. The theory used in this study is the learning and the role of teachers. Sources of data in this research is the teacher of art and culture and th learning of students who take the art of dance in class X A SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah, totaling 30 students constiting of 13 male students and 18 female students. Data collection techniques used in this research is observation, interview, and documentation. The results of the role of the teacher in learning the art of dance in high school shows that teachers can run 10 role of 13 role to play in learning the art of dance, the teacher as a proofreader, a teacher as informator, the tacher as an organizer, teacher as motivator, teacher as a mentor, teacher as mentors, teacher as managers of the classroom, the teacher of the supervisior, teachers as evaluators, 3 role of teachers who have not run teacher as a mediator, the teacher as the initiator, the teacher as inspiration. Keywords: teacher’s role, learning, dance

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 5700457 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:37
Last Modified: 01 Mar 2017 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25898

Actions (login required)

View Item View Item