UJI TOKSISITAS EKSTRAK AIR DAUN KAPUK RANDU Ceiba pentandra Gartn. TERHADAP HAMA ULAT API PADA KELAPA SAWIT Setora nitens Eeck. (Lepidoptera:Limacodidae)

Indy Maulina, 1217021033 (2016) UJI TOKSISITAS EKSTRAK AIR DAUN KAPUK RANDU Ceiba pentandra Gartn. TERHADAP HAMA ULAT API PADA KELAPA SAWIT Setora nitens Eeck. (Lepidoptera:Limacodidae). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3028Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3010Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK UJI TOKSISITAS EKSTRAK AIR DAUN KAPUK RANDU Ceiba pentandra Gartn. TERHADAP HAMA ULAT API PADA KELAPA SAWIT Setora nitens Eeck. (Lepidoptera:Limacodidae) Oleh Indy Maulina Ulat api merupakan salah satu jenis ulat pemakan daun kelapa sawit yang paling sering menimbulkan kerugian di perkebunan-perkebunan kelapa sawit. Upaya pengendalian alternatif dapat menggunakan insektisida nabati. Ekstrak daun kapuk randu mengandung fenol, alkaloid, tannin, saponin, phytate, oxalate, trypsin, dan hemaglutinin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya toksisitas ekstrak daun kapuk randu terhadap hama ulat api kelapa sawit (Setora nitens), yang telah dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2016. Pembuatan ekstrak air daun kapuk randu dan uji toksisitas terhadap hama ulat api dilakukan di Laboratorium Zoologi FMIPA Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pada skala laboratorium, cara aplikasi menggunakan metode pencelupan dengan tiga kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah jumlah kematian ulat api 1, 3, 6, 12, dan 24 jam setelah perlakuan dan pengamatan di hentikan jika jumlah kematian hama telah mencapai 100%. Untuk mendapatkan nilai LC50 data dianalisis menggunakan analisis probit SPSS .16.0. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air daun kapuk randu dapat mematikan hama ulat api dalam waktu tiga jam setelah perlakuan sebanyak 16,7% dengan nilai LC50 12,9%. Kata kunci: toksisitas, hama ulat api (Setora nitens), ekstrak air, daun kapuk randu (Ceiba pentandra)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Biologi
Pengguna Deposit: 9295595 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:31
Terakhir diubah: 01 Mar 2017 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25908

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir