Sinta Mahardiyanti, 1013053088 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN 1 METRO BARAT. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (415Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (395Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERYATAAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (398Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (637Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 1 Metro Barat melalui penerapan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data teknik non tes berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengamati kinerja guru, hasil belajar kompetensi sikap dan hasil belajar kompetensi keterampilan. Sedangkan alat pengumpulan data untuk teknik tes melalui soal tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan klasikal dengan nilai minimal 66 (baik) pada kompetensi sikap siklus I berada pada kategori sedang, meningkat di siklus II dengan kategori tinggi dan mengalami peningkatan kembali di siklus III hingga kategori sangat tinggi. Ketuntasan klasikal kompetensi pengetahuan siklus I mencapai 57% kategori sedang. Kemudian mengalami peningkatan 12% di siklus II hingga ketuntasan klasikal mencapai 69% dengan kategori tinggi, dan mengalami peningkatan kembali sebanyak 9% di siklus III hingga diperoleh ketuntasan klasikal 78% dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa kompetensi keterampilan siklus I dan siklus II berada pada kategori sedang, kemudian pada siklus III mengalami peningkatan persentase ketuntasan klasikal hingga kategori tinggi. Kata kunci : pendekatan kontekstual, sikap, pengetahuan, keterampilan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 908105 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2014 05:37 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2014 05:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2595 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |