DESKRIPSI PERCAKAPAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

JULIA SEKAR MENTARI , 1313021043 (2017) DESKRIPSI PERCAKAPAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1403Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1403Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan representasi matematis siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode Socrates dalam pendekatan saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang deskripsi percakapan representasi matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa percakapan representasi matematis yang muncul: (a) sebagian besar diawali dengan pertanyaan Socrates yang diajukan oleh guru dengan tipe pertanyaan: klarifikasi, asumsi-asumsi dan bukti penyelidikan, serta alasan-alasan dan bukti penyelidikan, (b) memunculkan indikator kemampuan representasi matematis siswa yang Julia Sekar Mentari ditetapkan dalam penelitian, dan (c) pada kelompok siswa berkemam-puan matematis tinggi dan sedang berjalan dengan lancar dan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada kelompok siswa berkemampuan matematis rendah, namun pada kelompok siswa berkemampuan matematis rendah percakapan belum berjalan lancar. Kata kunci: pendekatan saintifik, percakapan representasi matematis, Socrates

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 8200525 . Digilib
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:49
Terakhir diubah: 03 Mar 2017 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25957

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir