PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMUSIKALISASI PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HERYANTI, 1123041012 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMUSIKALISASI PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (925Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1606Kb)

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar bermusikalisasi puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu, Kecamatan Pringsewu Barat, Kabupaten Pringsewu Lampung tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pemodelan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri 1 tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 35 siswa, yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan, angket, tes penampilan musikalisasi puisi, dokumentasi, dan rekaman. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa dalam proses maupun hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan bermusikalisasi puisi dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dapat dilihat dari peran serta aktivitas guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respon positif melalui sikap kerjasama dan antusias yang ditunjukkan siswa serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan proses tersebut berdampak positif pada peningkatan hasil. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan nilai akhir bermusikalisasi puisi siswa mulai dari tahap pratindakan sampai tahap siklus II. Perolehan rata-rata nilai akhir musikalisasi puisi siswa pada saat tahap pratindakan, yaitu 67,5. Pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 73,8. Kemudian, pada siklus II rata-rata nilai akhir hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 82,89. Jumlah peningkatan rata-rata nilai ahkir musikalisasi puisi dari pratindakan sampai siklus II sebesar 15,39. Kata Kunci: peningkatan, kemampuan, musikalisasi puisi, teknik pemodelan ABSTRACT Giving description about teaching learning process and knowing the enhancement of the student competency of the student in putting music in poetry (musicalization through modeling technic for student of grade X SMAN 1 Pringsewu of Pringsewu regency in school year of 2016/2017. The Subjects of this class action research are 35 student of grade X and the teachers of Indonesian language SMA N 1 Pringsewu on the school year of 2016/2017, the activity consists of 2 siklus and there are planning, implementation, observation and reflection. The collection of data in this research is done through observation, field notation, questionnaire, poetry musicalization performance, documentation and recording. The collection of data is analized by using desckrip we and kwalitative analysis. The Successful of criteria of this research can be seen from the improvement made by the studentsor teacher in the learning process. The result of the research show that the application of modeling technic can increase the ability of the students in musicalization to poetry. The process of enhancement can be seen from the role and the activity of the teacher and students which showed significant improvement in learning process. It can be de tacted by the appearance of positive response trough collaboration and the antusiastc of the student and the condusive of teaching learning process. The improvement of teaching learning process gives positive impact to the result, the increase of the result can be found from the improvement of the assessment of appreciation of putting music to poetry from pre action stage until siklus II stage. The score average of the assesment increase from 67,5 in siklus I to 73,8. Then in siklus II the average score of learning process rise to 82,89. The total score average of the post assessment for musicalization to poetry from the pre action until siklus II is 15,39. Key words: The enhancement, competency, musicalization (putting music to poetry), modeling technic.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 0611247 . Digilib
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:16
Terakhir diubah: 07 Mar 2017 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir